KEGIATAN

ITTO TFL-PD 032/13 Rev.2(M) : Musyawarah Adat Masyarakat Desa Mobui Dalam Rangka Penetapan Aturan Adat Perlindungan Kawasan Objek Wisata Riam Jito Kompleks Dan Hutan Rimba Di Wilayah HKm Desa Mobui Kec. Kembayan Kab.Sanggau Provinsi Kalimantan Barat.
2016/04/05 - 03:06 am | 503 Klik


Kegiatan Musyawarah Adat ini dilaksanakan pada tanggal 2 April 2016 di Kantor Desa Mobui. Musyawarah ini membahas tentang Penetapan Aturan Adat Perlindungan Kawasan Objek Wisata Riam Jito Kompleks meliputi areal Riam Jito, Riam Tajau dan Riam Susu , termasuk areal Goa Maria di Sungai Rajat dan Hutan Rimba di wilayah Desa Mobui Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau. Peraturan adat yang dimaksud disusun guna menjaga kelestarian hutan dan alam setempat sehingga dapat member manfaat baik untuk wisata alam, sumber air bersih dan pengairan sawah masyarakat di desa Mobui.

Pada Musyawarah ini disepakati rencana pengembangan Riam Jito Kompleks untuk wisata. Kesepakatan ini dibuat antara warga Desa Terusan dan warga desa mobui yang menggarap lahan disekitar Riam Jito. Langkah selanjutnya setelah musyawarah ini adalah membuat kesepakatan yang dibicarakan melalui Dewan Adat untuk mendorong penanaman buah-buahan, pohon langka dan melarang penebangan kayu dan penanaman sawit.

Kegiatan ITTO HKm Sanggau selanjutnya adalah melaksanakan Pelatihan Pengawetan Bambu dan Pengerjaan Produk Bambu untuk mendukung Pengembangan HKm di Sanggau dengan melibatkan Kelompok Tani HKm dari Kabupaten Sekadau.

Update kegiatan ITTO Project TFL-PD 032/13 Rev.2(M) dapat dilihat pada fanpage facebook dilink https://www.facebook.com/sanggauproject/


 
Pengunjung hari ini : 30
Total pengunjung : 34482
Hits hari ini : 57
Total Hits : 505390
Pengunjung Online : 1
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015