KEGIATAN

FGD Perluasan Wilayah Pesisir Melalui Reklamasi Pantai
2016/06/02 - 04:44 am | 496 Klik

P3SEKPI_(Bogor, 31/5/2016)_ Dr. Ir. Bambang Supriyanto, M.Sc, Kepala Pusat Litbang Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI), menegaskan bahwa perlunya menggali pembelajaran mengenai ekspektasi para pihak, mengidentifikasi pemangku kepentingan dan menyiapan bahan penyusun kebijakan terkait reklamasi pantai. Hal tersebut disampaikan pada saat memberikan laporan Focus Group Discussion (FGD) Perluasan Wilayah Pesisir Melalui Reklamasi Pantai di Hotel Dafam Cawang, Senin, 30/05/2016.

Dalam pembukaan FGD ini Dr. Henry Bastaman, Kepala Badan Litbang dan Inovasi (BLI) dari FGD ini diharapkan BLI dapat memberikan input kebijakan terhadap pengambil keputusan (Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan) untuk melihat perspektif yang lebih luas dan bukan hanya after the fact.  

Menurut Prof.Dr. Sutrisno Anggoro reklamasi mau tidak mau akan merubah azas akses common properties menjadi territory use rights. Ini perlu diantisipasi agar tidak terjadi konflik kepentingan.

Urusan reklamasi sangat kompleks. Secara ilmiah harus ada satu kajian komprehensif yang sangat lengkap. Kecenderungan reklamasi di berbagai negara sekarang sudah mulai dibatasi/ditinggalkan. Reklamasi pantai sekarang beralih pada restorasi lahan basah. Ada berbagai alasan dan reklamasi bisa menjadi solusi, tetapi dari aspek lingkungan bisa menambah permasalahan. Yang paling massif di China. Di Indonesia ada 4 yang berhasil dilaksanakan. Kasus di Jakarta sudah 20 tahun dibicarakan, secara parsial sudah dilakukan (pengurugan lahan). Reklamasi Jakarta sekitar 5000 ha sehingga persoalan menjadi sangat kompleks. 

Diharapkan dengan adanya FGD ini dapat memberikan input kebijakan terhadap pengambil keputusan.. ***AGP

 

Materi Terkait:

  1. Pengelolaan Ekspektasi Masyarakat dalam Kasus Perluasan Lahan Pesisir Melalui Reklamasi Pantai di Teluk Semarang
  2. Reviu Lingkungan Kebijakan Perencanaan dan Pemanfaatan Ruang Teluk Jakarta
  3. Perspektif Krono Spasial Pengembangan Pantai Utara JABODETABEKPUNJUR
  4. Perspektif Perluasan Wilayah Pesisir melalui Reklamasi ditinjau dari Pembangunan Perkotaan




 
Pengunjung hari ini : 90
Total pengunjung : 36075
Hits hari ini : 301
Total Hits : 515695
Pengunjung Online : 2
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015