KEGIATAN

Pelatihan Penyusunan Program Pengurangan Emisi Berbasis Masyarakat melalui Mekanisme Plan Vivo
2016/10/18 - 07:57 am | 377 Klik


Puslitbang Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) dalam kerangka proyek kerjasama penelitian ACIAR FST/2012/040 berjudul “Enhancing Smallholder Benefits from Reduced Emissions from Deforestation and Forest Degradation” menyelenggarakan pelatihan “Penyusunan Program Pengurangan Emisi Berbasis Masyarakat melalui Mekanisme Plan Vivo” pada tanggal 11-12 Oktober 2016 sebagai upaya peningkatan kapasitas masyarakat lokal pengelola hutan untuk dapat membangun dan mengimplementasikan program penurunan emisi di hutan yang dikelolanya. Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Badan Litbang dan Inovasi Dr. Henry Bastaman dan Perwakilan ACIAR FST/2012/040 Prof. Luca Tacconi.

Mekanisme Pembayaran Jasa Lingkungan (Payments for Ecosystem Service/PES) dapat digunakan sebagai salah satu mekanisme pemberian insentif REDD+ dalam mendukung pengelolaan hutan berbasis masyarakat yang berkelanjutan. Terkait dengan mekanisme REDD+ tersebut, berbagai inisiatif mekanisme pembayaran di tingkat global telah tersedia untuk bisa dikembangkan di Indonesia, dan salah satunya adalah mekanisme pembayaran jasa lingkungan penurunan emisi dengan Plan Vivo.

Plan Vivo adalah skema insentif sukarela berbasis mayarakat yang bisa diterapkan dalam pengelolaan lahan berkelanjutan melalui upaya pencegahan deforestasi dan degradasi hutan. Skema ini bertujuan untuk meningkatkan mata pencaharian masyarakat di perdesaan di negara-negara berkembang dengan menyediakan standar pengurangan emisi pada tingkat masyarakat skala kecil. Skema ini telah berhasil diimplementasikan di beberapa lokasi antara lain di:  Hutan Desa Laman Satong, Ketapang, Kalimantan Barat; Hutan Desa Durian Rambun, Merangin, Jambi; dan Hutan Kemasyarakatan Aik Bual, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Ada beberapa materi terkait dalam pelatihan ini antara lain:

  1. Peran Masyarakat Lokal dalam Upaya Pengurangan Emisi dari Deforestasi dan Degradasi Hutan (The Role of Local Community in Reducing Emissions from Deforestation and Forest Degradation)
  2. Standar Plan Vivo untuk Pembayaran atas Jasa Lingkungan berbasis Masyarakat: Belajar dari lapangan (Plan Vivo Standard for Community Payments for Ecosystem Services: Learning from the field)
  3. Menyusun Program Pengurangan Emisi Berbasis Masyarakat (Developing Community-based Emission Reduction Program)
  4. Workshop penyusunan program Plan Vivo (Workshop for developing Plan Vivo-based emission reduction program): Hutan Desa Katimpun, Hutan Adat Rakumpit, Hutan Adat Rumbio, Hutan Lindung Yapase
  5. Finalisasi draft dokumen program Plan Vivo (Finalising the draft for Emission Reduction Program)

Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dalam implementasi REDD+ pada skala kecil, sebagai respon atas komitmen Indonesia untuk mengatasi tantangan perubahan iklim dan memanfaatkan insentif yang tersedia untuk meningkatkan kinerja pengelolaan hutan di tingkat masyarakat.


 
Pengunjung hari ini : 35
Total pengunjung : 30176
Hits hari ini : 94
Total Hits : 478978
Pengunjung Online : 1
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015