KEGIATAN

Diskusi Memperkuat Peran Strategis BLI Dalam Perubahan Iklim
2017/01/26 - 03:34 am | 385 Klik

Pusat Litbang Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI) melaksanakan kegiatan Diskusi memperkuat peran strategis BLI dalam perubahan pada tanggal 24 Januari 2017 di Aula Soediarto Puslitbang Hutan, Kota Bogor. Kegiatan ini secara umum bertujuan untuk menunjukkan peran BLI dalam NDC Indonesia.

Peserta workshop berasal dari para peneliti Pusat Litbang Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI). Acara diskusi dipandu oleh Kepala Pusat P3SEKPI Dr. Ir. Bambang Supriyanto sebagai moderator dan materi disampaikan oleh Ir Sarwono Kusumaatmaja tentang  NDC indonesia, Pak Jalal tentang peran masyarakat dalam NDC Indonesia, Dr. Kirsfianti L. Ginoga tentang traceablity RENSTRA Pusat Litbang hutan terhadap NDC Indonesia dan diitutup oleh Kepala Badan Litbang dan Inovasi yang menyampaikan tentang sinergi antar pusat litbang dalam menjalankan peran strategis di bidang perubahan iklim.

Penyampaian pertama disampaikan oleh oleh Ir Sarwono Kusumaatmaja yang menjelaskan asal mula NDC Indonesia berawal dari komitmen bersama berbagai negara dalam Protocol Kyoto. “Semua bermula dari pertemuan Protocol kyoto. Setelah itu barulah dibuat Paris Agreement yang dengannya (KLHK) dibuat NDC.” NDC Indonesia adalah komitmen bersama pemerintah Indonesia untuk menurunkan emisi sebesar 29-41%. Beliau juga menambahkan tentang perubahan istilah Perubahan Iklim (Climate Change) yang semula disebut Pemanasan Global (Global Warming). “Karena perubahan pada cuaca tidak selalu disebabkan oleh naiknya emisi. Bisa jadi hanya karena ekstrimnya cuaca.”

Selanjutnya  Pak Jalal juga menyampaikan bahwa para civil society antusias mendukung program NDC dengan mengirimkan berbagai hasil kajian. Namun sulitnya berkoordinasi dengan BAPPENAS sebagai salah satu pemangku kepentingan di pemerintah. Pak Jalal pun melihat NDC dirasa masih kurang detail. Dan akhirnya beliau  menambahkan bahwasanya civil society harus diakomodir dalam revisi NDC.

Dr. Kirsfianti L. Ginoga, yang biasa disapa Bu Eti, dalam presentasinya memperkenalkan Renstra Pusat Litbang hutan terhadap NDC Indonesia. Beliau  menekankan bahwa renstra yang ada harus mampu mendukung Dirjen PPI sebagai Voocal Point KLHK dalam menyusun National Communication sebagai laporan emisi setiap tahun. Inilah sumbangsih BLI terhadap NDC.

Bu Eti juga menambahkan NDC cukup memberi ruang bagi kawan-kawan Civil Society terbuka lebar untuk turut partisipasi. Hal ini dikarenakan NDC masih bisa direvisi lagi kedepannya.

Acara kemudian ditutup oleh Kepala Badan Litbang dan Inovasi setelah beliau memaparkan langkah-langkah awal strategis BLI dalam menghadapi perubahan iklim. “Kegiatan ini sebagai pematangan langkah panjang menghadapi perubahan iklim sekaligus pengarah penelitian.” Paparnya.


 
Pengunjung hari ini : 101
Total pengunjung : 38957
Hits hari ini : 208
Total Hits : 539033
Pengunjung Online : 1
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015