KEGIATAN

Urbanscape dan Perubahan Iklim
2018/03/09 - 01:35 am | 101 Klik

Dewan Pertimbangan Peninjauan Perubahan Iklim (DPPPI) bekerja sama dengan Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyelenggarakan Pojok Iklim edisi spesial, Ngopi (Ngobrol Pintar) dengan tema “Urbanscape dan Perubahan Iklim.” Agenda ini dihelat di Kantor KLHK pada Rabu (07/03).

Tertunjuk sebagai moderator adalah Kepala Pusat Standarisasi Lingkungan, Noer Adi Wardojo. Pemaparan materi dari dua narasumber yakni Bintang A. Nugroho dari Green Building Council Indonesia (GBCI) dan Anggia Murni dari Indonesia Landscape Industries Network diharapkan dapat menjadi pemantik diskusi yang mencerahkan. Paparan Bintang tentang pentingnya pembangunan yang berkelanjutan menekankan bahwa faktor kunci keberhasilan konsep “bangunan hijau” adalah komunitas. Sekolah, tempat kerja, hingga kelompok diskusi sangat krusial untuk melakukan transformasi informasi menjadi aksi. Tentu faktor tersebut tidak akan tereksekusi dengan baik tanpa adanya leader yang baik.

Anggia Murni menjelaskan keterkaitan desain lanskap perkotaan dengan pengendalian perubahan iklim. Dia menuturkan bahwa lanskap yang didesain oleh arsitek kini, selain terdepan dalam menggunakan teknologi, harus berorientasi terhadap alam yang berkelanjutan. Untuk implementasinya, ia mencontohkan keberhasilan Singapura yang berhasil menambah luasan ruang terbuka hijau (RTH) secara signifikan dengan mengembangkan Roof Garden.

Ngopi semakin dinamis dengan berbagai opini dan pertanyaan peserta. Soeryo Adiwibowo, salah satu peserta  mengatakan bahwa inisiatif gerakan hijau sekarang harus naik ke level berikutnya. Pengertian “hijau” dapat diperluas dengan usaha-usaha mendorong isu inklusivitas, gender, dan disabilitas. Soeryo menganggap upaya penyatuan masyarakat dari berbagai agama dalam suatu tradisi adat juga mencirikan “hijau”.

Ngopi berlangsung dengan santai namun serius. Santai karena selalu ada barista di ujung ruang yang siap menyodorkan kopi bagi  peserta Ngopi. Serius karena pembangunan hijau adalah isu yang sangat menarik untuk didiskusikan sebagai salah satu upaya mitigasi perubahan iklim.***FF


 
Pengunjung hari ini : 94
Total pengunjung : 39696
Hits hari ini : 224
Total Hits : 545305
Pengunjung Online : 1
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015