KEGIATAN

Pertemuan ke-100, Diskusi Pojok Iklim Di”besar”kan
2018/05/03 - 06:46 am | 47 Klik

Ada yang spesial dari penyelenggaraan Pojok Iklim minggu ini (Rabu, 02/05/2018). Diskusi yang rutin diadakan tiap minggu tersebut, merayakan pertemuan yang ke-100. Dewan Pertimbangan Peninjauan Perubahan Iklim (DPPPI) sebagai penyelenggara, mengeksplorasi lebih jauh mengenai bentuk acara. Durasi acara di-dua kalilipat-kan dan memuat materi pembicaraan yang lebih beragam.

Tema yang diangkat pada edisi spesial ini adalah “Tanggap Darurat Bencana Iklim”, dikemas dalam dua sesi, yakni Climate and Hazard Science serta Kesiagaan dan Tanggap Darurat Bencana Iklim. Dipadati sekitar 80 orang, diskusi pojok iklim kali ini diselengarakan di Ruang Rimbawan I, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta.

Ada delapan pembicara dari delapan institusi yang mengulas peran dalam menghadapi perubahan iklim. Herizal dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Edvin Aldrian dari Working Group Intergovernmental Panel on Climate Change, Perdinan dari Centre for Climate Risk and Opportunity Management in Southeast Asia Pasific (CCROM SEAP) Institut Pertanian Bogor, dan Herry Purnomo dari Center for International Forestry Research (CIFOR) tampil di sesi 1. Pada sesi 2 ada Hendra Yusan Siry dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Bambang Surya Putra dari Badan Nasioanl Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Margowiyono dari Kementerian Sosial.

Apresiasi diberikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya. Melalui Sekretaris Jenderal, Bambang Hendroyono, ia menyampaikan bahwa agenda Pojok Iklim yang rutin diadakan sangat dibutuhkan untuk mengetahui kondisi aktual mengenai perubahan iklim.

“Salah satu fokus agenda pojok iklim adalah aktualisasi dan inovasi isu perubahan iklim”, kata Bambang.  “Ada best practice dari pelosok daerah (dan cerita) perannya dalam proses adaptasi dan mitigasi perubahan iklim. Ini sesuatu banget, menunjukkan konsentrasi KLHK dalam isu perubahan iklim untuk dunia”.


Penulis: Faisal Fadjri

Editor: Haryono


 
Pengunjung hari ini : 35
Total pengunjung : 35299
Hits hari ini : 85
Total Hits : 511258
Pengunjung Online : 1
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015