KEGIATAN

ITTO TFL-PD 032/13 Rev.2(M) : Musyawarah Adat Masyarakat Desa Mobui Dalam Rangka Penetapan Aturan Adat Perlindungan Kawasan Objek Wisata Riam Jito Kompleks Dan Hutan Rimba Di Wilayah HKm Desa Mobui Kec. Kembayan Kab.Sanggau Provinsi Kalimantan Barat.
2016/04/05 - 03:06 am

Kegiatan Musyawarah Adat ini dilaksanakan pada tanggal 2 April 2016 di Kantor Desa Mobui. Musyawarah ini membahas tentang Penetapan Aturan Adat Perlindungan Kawasan Objek Wisata Riam Jito Kompleks meliputi areal Riam Jito, Riam Tajau dan Riam Susu , termasuk areal Goa Maria di Sungai Rajat dan Hutan Rimba di wilayah Desa Mobui Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau.


Diskusi Aplikasi Sistem SESAME dan Pengembangan Sistem Peringatan Dini Kebakaran Hutan dan Lahan
2016/03/15 - 03:39 pm

P3SEKPI_(Bogor, 15/3/2016)_ Salah satu Orientasi kerjasama ASEAN adalah lingkup penelitian dan pendidikan. Oleh karena itu, salah satu penelitian yang diajukan adalah penelitian untuk peringatan dini kebakaran, Puslitbang Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI), menyelenggarakan diskusi “Aplikasi Sistem SESAME dan Pengembangan Sistem Peringatan Dini Kebakaran Hutan dan Lahan”, pada hari Selasa (15/03).


P3SEKPI Menjaring Isu-isu Strategis Di Bidang KLHK
2016/03/14 - 04:24 pm

P3SEKPI (Bogor, 11/03/2016)_ Dr. Ir. Bambang Supriyanto, M.Sc, Kepala Pusat Litbang Sosial Ekonomi Kebijakan dan Perubahan Iklim (P3SEKPI), menegaskan bahwa penjaringan isu-isu aktual sangat penting untuk pengambil kebijakan sehingga bernilai strategis. Dalam penjaringan isu-isu aktual pandangan dari pihak external seperti Pusat Kebijakan Strategis (Pusjakstra) sehingga isu-isu yang diangkat menjadi isu aktual di bidang LHK. Hal tersebut disampaikan pada saat memberikan arahan pembukaan diskusi menjaring isu-isu aktual strategis bidang LHK di Hotel Royal Bogor, Jum’at 911/3).


FGD Kegiatan Kerjasama Penelitian Enhancing smallholder benefits from Reduced Emissions from Deforestation and Forest Degradation in Indonesia, di Riau
2015/03/10 - 02:50 am

Pada tanggal 17 Februari 2015 di Kantor Dinas Kehutanan Riau, Pekanbaru diadakan FGD dengan thema “Hambatan kebijakan, pelajaran dari lapangan, dan tantangan keberlanjutannya”. FGD ini diselenggarakan dalam rangka kajian Kebijakan di Sektor Kehutanan dan Di Luar Sektor Kehutanan yang Memepengaruhi Kinerja REDD+. Kajian tersebut  tergabung dalam proyek ACIAR “Enhancing smallholder benefits from reduced emissions from deforestation and forest degradation in Indonesia”. Salah satu lokasi penelitian tersebut adalah provinsi Riau.


FGD Kegiatan Kerjasama Penelitian Enhancing smallholder benefits from Reduced Emissions from Deforestation and Forest Degradation in Indonesia, di Palangkaraya
2015/02/25 - 03:33 am

FGD dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran yang komprehensif mengenai status terkini kebijakan, program, kegiatan, dan inisiatif persiapan dan pelaksanaan REDD+ di tingkat provinsi. FGD dihadiri oleh Tim Peneliti dan staf dari Puspijak, perwakilan Lembaga swadaya masyarakat seperti AMAN Kalimantan Tengah, serta instansi terkait seperti staf BLHD Kalimantan Tengah, TN Sebangau, serta perwakilan kelompok masyarakat lainnya.


Petunjuk Teknis Pembangunan Petak Ukur Permanen (PUP)
2014/12/21 - 11:49 pm

Pada hari Jum’at tanggal 19 Desember 2014 di R.Rapat Puspijak diadakan acara pembahasan Juknis Pembangunan Petak Ukur Permanen dan Inventarisasi Data Lapangan yang dihadiri oleh ahli pengukuran dan perhitungan cadangan karbon di Kementerian Lingkunan Hidup dan Kehutanan. Petunjuk Teknis merupakan panduan untuk masyarakat yang melakukan pengukuran dan penghitungan cadangan karbon sesuai dengan SNI 7724:2011.


Alih Teknologi "Iptek Dan Inovasi Perubahan Iklim Kehutanan Untuk Rakyat"
2014/12/15 - 02:34 am

Sekitar 150 peserta dari berbagai kalangan hadir pada kegiatan Alih Teknologi dengan tema Iptek Dan Inovasi Perubahan Iklim Kehutanan Untuk Rakyat tanggal 12 Desember 2014 bertempat di ruang Rimbawan 2. Dalam laporan penyelenggaraannya, Kapuspijak menyebutkan bahwa ada “lima barang baru” yang akan dilempar ke masyarakat luas yang diharapkan dapat menjaring feedback serta perluasan jaringan kelitbangan, dan dapat mendukung kinerja kementerian.


Workshop Penyusunan Panduan Pelibatan Masyarakat Lokal Secara Efektif Dalam Implementasi REDD+ di Indonesia Bagian Timur
2014/11/26 - 04:29 am

“Lokakarya yang kita laksanakan ini merupakan langkah ketiga untuk menterjemahkan prinsip-prinsip dalam Safeguard REDD+ menjadi panduan yang berguna bagi masyarakat luas dimana dalam salah satu prinsip tersebut adalah penghormatan terhadap pengetahuan dan pelibatan masyarakat lokal”, demikian yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. R. Oszaer., MS., Ketua Presidium Dewan Kehutanan Daerah (DKD) Maluku dalam pengantarnya pada Workshop Panduan Pelibatan Masyarakat Lokal Secara Efektif Dalam Implementai REDD+ di Indonesia Bagian Timur.


Pembuatan Permanent Sample Plots (PSP) Di KHDTK Alas Ketu, Wonogiri, Jawa Tengah dan KHDTK Watusipat, Gunung Kidul, di Yogyakarta
2014/11/10 - 02:21 am

Direncanakan akan dibangun 36 Permanent Sample Plots (PSPs) untuk monitoring karbon hutan di KHDTK (Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus) Alas Ketu, Wonogiri, Jawa Tengah dan KHDTK Watusipat, Gunung Kidul, DIY. Pembangunan PSPs bertujuan untuk membangun PSPs di berbagai tipe hutan serta membangun database untuk setiap tipe hutan yang dapat memberikan informasi serapan dan stok karbon di suatu daerah.


FGD RPI 16 Ekonomi dan Kebijakan REDD+
2014/11/07 - 01:58 am

Perkembangan REDD+ Indonesia telah melalui fase kesiapan. Infrastruktur implementasi REDD+ telah dipersiapkan, meskipun demikian masih diperlukan upaya untuk perbaikan. Terdapat ketidaksinkronan kebijakan tingkat nasional dengan sub nasional yang menyebabkan implementasi REDD+ belum berjalan secara efektif. Diperlukan keterbukaan informasi antar sektor dan sosialisasi prosedur dan metodologi pengukuran dan mekanisme pelaporan kinerja penurunan emisi.


 
Pengunjung hari ini : 99
Total pengunjung : 40490
Hits hari ini : 195
Total Hits : 552532
Pengunjung Online : 1
 
© Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan dan Perubahan Iklim 2015