A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 257

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/puspijak/public_html/layanan/system/core/Exceptions.php:185)

Filename: libraries/Session.php

Line Number: 675

LAYANAN PUSPIJAK

Database Faktor Emisi dan Serapan

Pusat Penelitian dan Pengembangan Perubahan Iklim dan Kebijakan (Puspijak) adalah hasil transformasi dari Pusat Penelitian Sosial Ekonomi dan Kebijakan Kehutanan (Puslitsosek). Perubahan institusi ini merupakan jawaban terhadap isu nasional mapun global terkait perubahan iklim dan dampaknya terhadap kehidupan manusia di berbagai sektor termasuk sektor kehutanan.

Sebagai konsekuensi dari transformasi institusi Pusat Penelitian Sosial Ekonomi dan Kebijakan Kehutanan (Puslitsosek) menjadi Pusat Penelitian dan Pengembangan Perubahan Iklim dan Kebijakan (Puspijak) maka cakupan kegiatan litbang menjadi lebih luas tidak lagi hanya kajian dan penelitian sosial ekonomi dan kebijakan kehutanan saja tetapi saat ini juga mencakup kajian dan penelitian perubahan iklim di sektor kehutanan. Mengingat isu mitigasi dan adapatasi perubahan iklim bergerak sangat dinamis baik dalam konteks pengetahuan (knowledge) maupun teknologinya maka hasil-hasil kajian dan penelitian perubahan iklim harus dapat segera disebarluaskan kepada masyarakat.

Koleksi data yang sangat banyak pada plot PSP-PSP yang telah dibangun di sepuluh provinsi memerlukan penanganan data yang terintegratif dan terstruktur sehingga pengelolaan datanya akan menjadi lebih terorganisir dan bermanfaat untuk semua pihak. Pengorganisasian data tersebut dapat dilakukan melalui aplikasi sistem database.

Hampir semua aplikasi komputer didukung fasilitas database. Database merupakan komponen terpenting dalam sistem informasi, karena berfungsi menampung dan mengorganisasi seluruh data yang ada dalam sistem. Database merupakan himpunan sekelompok data yang saling berkaitan, yang diolah dan diorganisasikan sehingga menjadi sebuah informasi yang berguna.

© PUSPIJAK 2014